Penjelasan Lengkap Mengenai Ekuitas Pemegang saham

Hai sobat blogger pembaca setia wiskeypedia.Kali ini saya akan membagikan sedikit penjelasan mengenai 
Ekuitas Pemegang Saham.Apa saja bentuk-bentuknya,Bagaimana modal saham atau sistemnya,Apakah keunggulanya,dan Bagaimana kepentingan pemiliknya.Langsung saja lihat baik-baik isi dibawah ini.

Ekuitas Pemegang Saham


Bentuk – Bentuk Perseroan :

Hukum perseroan negara bagian
Anggaran dasar perusahaan (articles of incorporation) diperlukan bagi siapapun yang ingin mendirikan suatu perusahaan kepada negara bagian tempat perusahaan itu akan didirikan. Hukum negara bagian bersifat kompleks dan bervariasi.

Modal saham atau Sistem saham

Pengidentifikasian hak hak pemegang saham dalam hal tidak adanya ketentuan pembatasan, setiap lembar saham mengandung hak – hak berikut :
Untuk membagi laba atau rugi secara proporsional
Untuk ikut serta dalam manajemen secara proporsional (hak untuk memilih direktur)
Untuk membagi aktiva perseroan bila terjadi likuidasi secara proporsional
Untuk ikut serta dalam setiap penerbitan saham baru dari kelompok yang sama secara proporsional (disebut hak istimewa).

Keunggulan sistem saham adalah kemudahan orang orang yang memiliki saham dalam suatu perusahaan dapat menjual sahamnya ke pihak lain setiap saat dan dengan harga tertentu tanpa harus meminta ijin dari perusahaan atau pemegang saham lainnya.
Kepentingan kepemilikan

Dalam setiap perseroan, satu kelompok saham harus mewakili hak kepemilikan dasar. Ada beberapa kelompok saham, yaitu :
Saham biasa (common stock) adalah hak residu perseroan yang menanggung resiko terbatas bila terjadi kerugian dan menerima manfaat bila terjadi keuntungan.
Saham khusus (preferred stock) adalah pengganti atas setiap preferensi khusus, pemegang saham preferen selalu mengorbankan beberapa hak yang melekat dalam modal saham.


Modal Perseroan

Penerbitan saham
Prosedur akuntansi untuk menerbitkan lembar saham, akun – akun yang diperlukan untuk berbagai jenis saham adalah
Saham dengan nilai pari :
Saham preferen atau saham biasa ; Mencerminkan nilai pari saham perseroan yang diterbitkan. Akun ini dikreditkan ketika saham pertama kali diterbitkan. Tidak ada ayat jurnal tambahan pada akun ini kecuali ada saham tambahan yang diterbitkan atau saham yang ditarik.
Agio saham atau tambahan ; Modal disetor menunjukkan setiap kelebihan atas nilai yang disetor oleh pemegang saham sebagai pengganti saham yang diterbitkan. Setelah disetor, kelebihan atas nilai pari akan menjadi bagian dari tambahan modal disetor perusahaan dan pemegang saham perorangan tidak memiliki klaim yang lebih besar atas kelebihan setoran dibandingkan semua pemegang saham lainnya dari kelompok saham yang sama.
Disagio saham ; Menunjukkan bahwa saham telah diterbitkan dibawah niali pari. Pembelian saham yang diterbitkan dibawah nilai pari dapat diminta membayar jumlah disagio jika diperlukan untuk melindungi kreditor dari kerugian bila perusahaan dilikuidasi.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai ekuitas pemegang saham dapat dilihat pada [ UNDUH FILE ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Lengkap Mengenai Ekuitas Pemegang saham"

Posting Komentar