Sistem Piutang dalam akuntansi

Halo sobat blogger pembaca setia wiskeypedia - kali ini saya akan membagikan artikel mata kuliah akuntansi tentang piutang.Apa saja si yang akan dibahas pada materi kali ini.Materi kali ini akan membahas tentang pengertian piutang menurut berbagai sumber,jenis-jenis piutang,dan faktor-faktor yang mempengaruhi piutang.Langsung saja selengkapnya dapat anda lihat dibawah ini.


Piutang merupakan klaim (hak untuk mendapatkan) uang dari entitas lain. Piutang juga disebut tagihan atau receivable. Penyelesaian piutang diharapkan dalam bentuk Kas selama kegiatan normal perusahaan. Klaim timbul karena berbagai sebab. misalnya penjualan secara kredit, pemberian pinjaman kepada karyawan, porsekot dalam kontrak pembelian, porsekot kepada karyawan, dll. Tidak semua klaim tersebut di sebut sebagai piutang.



» Menurut Rusdi Akbar (2004:199) menyatakan bahwa pengertian piutang meliputi semua hak atau klaim perusahaan pada organisasi lain untuk menerima sejumlah kas, barang, atau jasa di masa yang akan datang sebagai akibat kejadian pada masa yang lalu.
» Menurut Warren Reeve dan Fess (2005:404) menyatakan bahwa yang dimaksud dengan piutang adalah sebagai berikut : ”Piutang meliputi semua klaim dalam bentuk uang terhadap pihak lainnya, termasuk individu, perusahaan atau organisasi lainnya”.
» Menurut Mohammad Muslich (2003:109) mengemukakan yang dimaksud dengan piutang adalah sebagai berikut : ”Piutang terjadi karena penjualan barang dan jasa tersebut dilakukan secara kredit yang umumnya dilakukan untuk memperbesar penjualan”.
» Menurut M. Munandar (2006:77) yang dimaksud dengan piutang adalah sebagai berikut : ”Piutang adalah tagihan perusahaan kepada pihak ain yang nantinya akan dimintakan pembayarannya bilamana telah sampai jatuh tempo”.
Dari beberapa definisi yang telah diungkapkan diatas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan piutang adalah semua tuntutan atau tagihan kepada pihak lain dalam bentuk uang atau barang yang timbul dari adanya penjualan secara
kredit.


Baca selengkapnya di [ UNDUH FILE ]

Baca juga artikel yang lain mengenai Analisis Implementasi Tax Amnesty

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Piutang dalam akuntansi"

Posting Komentar