Makalah Mempertahankan Perjuangan Bangsa Indonesia

wiskeypedia - Unduh Makalah Mempertahankan Perjuangan Bangsa Indonesia 

 Bangsa Indonesia



BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Indonesia adalah salah satu negara yang dijajah oleh Belanda, Belanda sudah menjajah Indonesia selama 3,5 abad. Selama itu, Indonesia mengalami kesengsaraan dalam memenuhi semua kebijakan yang sudah dibuat oleh Belanda. Kedatangan jepang awalnya disambut baik oleh bangsa Indonesia karena mereka menyatakan bahwa mereka adalah saudara tua Indonesia dan memberikan semboyan gerakan 3A. Selama penjajahan Jepang indonesia jauh lebih menderita daripada masa penjajahan Belanda, hal ini bisa kita ketahui dari adanya romusha yang menyebabkan bangsa Indonesia sangat menderita.
Dalam Perang Dunia II Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dengan membentuk BPUPKI pada tanggal 1 Maret 1945 bertujuan untuk menyelidiki hal penting yang berhubungan dengan berbagai hal yang menyangkut pembentukan negara Indonesia merdeka, hal ini dilakukan oleh Jepang karena ia menginginkan agar bangsa Indonesia membantu Jepang pada perang pasifik. BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945 karena menurut Jepang BPUPKI terlalu cepat mengambil keputusan dalam merumuskan kemerdekaan Indonesia. Sebagai pengganti BPUPKI Jepang membentuk PPKI pada tanggal 7 Agustus 1945 yang diketuai oleh Ir. Soekarno.
Keadaan Jepang yang semakin terjepit karena kedua kota di Jepang dibom atom oleh sekutu, pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hirosima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di  kota Nagasaki. Jepang tidak berdaya dan menyerah tanpa syarat kepada sekutu resmi pada tanggal 14 Agustus 1945 dengan menandatangani Perjanjian San Fransisco. Keadaan yang seperti ini menyebabkan keadaan di Indonesia menjadi Vacuum of power (kekosongan pemerintahan). Sekutu yang diboncengi NICA datang ke Indonesia, Belanda yang ingin menguasai Indonesia kembali dan mempersenjatai KNIL menyebabkan terjadinya pertempuran di berbagai sejata. Selain itu, pemerintahan Indonesia juga melakukan berbagai perundingan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bangsa Indonesia juga mencari dukungan dari berbagai negara untuk mendapatkan dukungan dalam sidang – sidang PBB.
Dari berbagai perjuangan yang sudah dilakukan oleh pahlawan – pahlawan  bangsa Indonesia kita dapat memetik nilai – nilai positif yaitu : peduli terhadap kebaikan, cerdas dalam berpikir, pandai memanfaatkan waktu.

1.2    Rumusan Masalah
1.    Bagaimana Perubahan dan Perkembangan Politik Masa Awal Kemerdekaan Indonesia?
2.    Bagaimana Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Melalui Perlawanan Bersenjata diberbagai Daerah, Perjuangan Diplomasi serta Pembentukan RIS dan Pengakuan Kedaulatan?
1.3    Tujuan
1.    Agar siswa mengetahui bagaimana Perubahan dan Perkembangan Politik Masa Awal Kemerdekaan Indonesia.

2.    Agar siswa mengetahui bagaimana Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Melalui Perlawanan Bersenjata diberbagai Daerah, Perjuangan Diplomasi serta Pembentukan RIS dan Pengakuan Kedaulatan.

Untuk melihat selengkapnya dapat diunduh [ DISINI ]
Lihat makalah lainya tentang makalah tentang Proses terjadinya hujan asam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Mempertahankan Perjuangan Bangsa Indonesia"

Posting Komentar