Makalah Pengantar oseanografi “peranan plankton dalam ekosistem laut”

makalah terlengkap dan terupdate - Unduh Makalah Pengantar oseanografi “peranan plankton dalam ekosistem laut”

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

 Laut merupakan sebuah tempat hidup bagi organisme-organisme yang di dalamnya terdapat hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Setiap makhluk hidup selalu melakukan interaksi dengan makhluk hidup yang lain dalam suatu lingkungan tertentu. Lingkungan menyediakan tempat hidup bagi organisme-organisme yang menempatinya, sebaliknya makhluk hidup dapat mengembalikan energi yang dimanfaatkannya ke dalam lingkungan. Plankton merupakan bagian yang paling penting dalam ekosistem laut. Mereka menyediakan sumber makanan bagi sebagian besar organisme yang hidup di laut. Untuk itu, apabila kehidupan plankton di lautan terganggu maka siklus yang ada dalam laut dapat terganggu. Maka dari itu kita harus mempelajari tentang kehidupan plankton dan peranannya dalam ekosistem laut agar dapat menjaga kelestariannya.

1.2  Tujuan
  1. Untuk mengetahui pengertian plankton.
  2. Untuk mengetahui klasifikasi jenis plankton berdasarkan fungsinya.
  3. Untuk mengetahui fungsi dan peranan plankton bagi ekosistem laut.
1.3 Manfaat
Penulis mengharapkan Makalah ini dapat bermanfaat dan berguna bagi siapa saja untuk semua kalangan bagi yang membacanya. Agar menambah wawasan serta pengetahuan tentang Plankton dan Peranan Plankton dalam Ekosistem Laut. Selain itu, setelah menyelesaikan Makalah ini Penulis diharapkan dapat menambah wawasannya tentang apa itu Plankton serta Peranan Plankton dalam Ekosistem Laut.




BAB 2
PEMBAHASAN
2.1  PLANKTON
Plankton berasal dari bahasa Yunani yang mempunyai arti mengapung, Plankton biasanya mengalir bersama arus laut. Plankton juga biasanya disebut biota yang hidup di mintakat pelagic dan mengapung, menghanyutkan atau berenang sangat lincah, artinya mereka tidak dapat melawan arus. Ukuran Plankton sangat beranekaragam dari yang terkecil yang disebut Ultraplankton dengan ukuran <0,005 mikro, Nanoplankton yang berukuran 60-70 mikro, dan Netplankton yang dapat berukuran beberapa millimeter dan dapat dikumpulkan dengan jarring plankton (Widianingsih 2007).
Plankton adalah setiap organisme hanyut ( hewan, tumbuhan, archaea, atau bakteri ) yang menempati zona pelagik samudera, laut, atau air tawar. Mereka menyediakan sumber makanan penting yang lebih besar, lebih dikenal organisme akuatik seperti ikan dan cetacea. Meskipun banyak spesies planktik ( atau bagian plankton lihat di Terminologi ) berukuran mikro dalam ukuran, plankton termasuk organisme meliputi berbagai ukuran, termasuk organisme besar seperti ubur-ubur (Amin 2007).

Dalam dunia perikanan plankton dimaksudkan sebagai organisme yang melayang didalam air, tidak bergerak atau bergerak sedikit, dan selalu terbawa oleh arus.

Baca selengkapnya [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Pengantar oseanografi “peranan plankton dalam ekosistem laut”"

Posting Komentar