Makalah ichthyology Ikan sidat (anguilla bicolor), ikan patin (pangasius hypophtalmus), dan ikan bawal (colossoma macropomum)

Makalah terupdate dan terlengkap wiskeypedia - Unduh  Makalah ichthyology Ikan sidat (anguilla bicolor), ikan patin (pangasius hypophtalmus), dan ikan bawal (colossoma macropomum)

I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Ichthyologi merupakan suatu ilmu yang khusus mempelajari ikan dari segala aspek kehidupannya, termasuk di dalamnya bentuk luar (morfologi), anatomi, fisiologi, taksonomi serta identifikasinya. Ichtyologi berasal dari kata Yunani, yaitu ichthyes yang berarti ikan dan logos yang berarti ilmu. Sehingga secara singkat dapat dikatakan bahwa ichtylogi adalah ilmu yang mempelajari ikan dengan segala aspek kehidupannya. Ikan itu sendiri dapat didefinisikan sebagai binatang vertebrata yang berdarah dingin yang hidup dalam lingkungan air. Adapun pergerakan dan keseimbangan badannya menggunakan sirip dan umumnya bernafas dengan insang. Bentuk ikan akan beradaptasi dengan lingkungan tempat hidupnya. Dengan kata lain, habitat atau tempat hidup ikan akan berpengaruh terhadap bentuk tubuh dan fungsi alat tubuh. Sedangkan cara bergerak maupun tingkah lakunya akan berbeda dari satu habitat ke habitat lainnya. Ikan akan tnenyesuaikan diri dengan faktor fisika, kimia, dan biologinya dari habitat itu sendiri (Saanin 1968).

1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana bentuk (morfologi), anatomi, fisiologi, taksonomi serta identifikasi Ikan Sidat (Anguilla bicolor)?
2. Bagaimana bentuk (morfologi), anatomi, fisiologi, taksonomi serta identifikasi Ikan Patin (Pangasius hypophtalmus)?
3. Bagaimana bentuk (morfologi), anatomi, fisiologi, taksonomi serta identifikasi Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum)?
1.3 Tujuan
1. Mengetahui (morfologi), anatomi, fisiologi, taksonomi serta identifikasi Ikan Sidat (Anguilla bicolor).
2. Mengetahui (morfologi), anatomi, fisiologi, taksonomi serta identifikasi Ikan Patin (Pangasius hypophtalmus).
3. Mengetahui (morfologi), anatomi, fisiologi, taksonomi serta identifikasi Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum).

 
 Makalah ichthyology Ikan sidat
 


BAB II
PEMBAHASAN





A.     Klasifikasi Ikan Sidat
Menurut Kordi (2005) ikan sidat diklasifikasikan sebagai berikut:
Filum        :   Chordata
Kelas         :   Actinopterygii
Subkelas    :   Neopterygii
Division     :   Teleostei
Ordo          :   Anguilliformes
Famili        :   Anguillidae
Genus         :   Anguilla
Species       :   Anguilla bicolor

Sidat (Anguilla bicolor) merupakan ikan konsumsi yang memiliki nilai ekonomis penting baik untuk pasar lokal maupun luar negeri. Permintaan pasar akan ikan sidat sangat tinggi mencapai 500.000 ton per tahun terutama dari Jepang dan Korea, pemasok utama sidat adalah China dan Taiwan (Pratiwi 1998). Sidat yang dikenal dengan ’unagi’ di Jepang sangat mahal harganya karena memiliki kandungan protein 16,4% dan vitamin A yang tinggi sebesar 4700IU.

Unduh dan Baca selengkapnya [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Makalah ichthyology Ikan sidat (anguilla bicolor), ikan patin (pangasius hypophtalmus), dan ikan bawal (colossoma macropomum)"

Posting Komentar