Makalah Organ dan Sistem Organ Hewan

kumpulan makalah terlengkap dan terupdate makalahku10 - Unduh Makalah Organ dan Sistem Organ Hewan


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Organ tubuh pada dasarnya merupakan gabungan dari berbagai jaringan yang menghasilkan satu fungsi atau lebih. Berdasarkan letaknya, organ pada tubuh dibedakan menjadi dua macam, yaitu organ dalam dan organ luar. Contoh organ luar adalah hidung, telinga, mata. Sedangkan organ yang terletak di dalam tubuh disebut organ dalam, contohnya lambung, jantung, paru-paru, dan ginjal.
Di dalam tubuh, sekelompok organ akan melaksanakan suatu fungsi dalam koordinasi tertentu sebagai satu bagian dari sebuah sistem. Pada dasarnya setiap sistem organ memiliki fungsi tertentu, misalnya sistem pencernaan. Sistem pencernaan tersebut berperan dalam mencerna dan menyediakan makanan yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Kerussakan pada salah satu anggota dari suatu sistem organ akan mengganggu fungsi dari sistem orang yang bersangkut. Bahkan, apabila kerusakan tersebut pada salah satu sistem organ akan menimbulkan gangguan pada seluruh tubuh. Hal ini karena setiap sistem organ memiliki peran penting, yaitu menyelenggarakan berbagai proses untuk kelangsungan hidupnya.
B.       Rumusan Masalah
1.         Apa yang dimaksud dengan organ pada hewan?
2.         Apa saja yang termasuk dalam sistem organ pada hewan?
C.       Tujuan
1.         Untuk mengetahui pengertian organ pada hewan
2.         Untuk mengetahui sistem organ pada hewan







BAB II
PEMBAHASAN
A.      Organ Hewan
Organ merupakan gabungan berbagai jaringan yang menampilkan satu atau lebih fungsi. Berdasarkan letaknya, organ tubuh dibedakan atas organ dalam dan organ luar. Organ yang bisa terlihat dari luar disebut dengan organ luar, contohnya adalah lidah, hidung, mata, telinga. Sedangkan organ yang terletak di dalam tubuh disebut organ dalam, contohnya lambung, jantung, paru-paru, dan ginjal.

B.       Sistem Organ hewan
Sistem organ merupakan gabungan dari berbagai organ yang melaksanakan satu fungsi dalam koordinasi tertentu. Setiap sistem organ saling bekerja sama satu dengan yang lainnya. Jika salah satu sistem terganggu fungsinya atau terjadi kerusakan, maka sistem yang lain pun akan terganggu. Bahkan, apabila kerusakan tersebut terjadi pada salah satu sistem organ akan menimbulkan gangguan pada seluruh tubuh. Hal ini karena setiap sistem organ memiliki peran penting, yaitu menyelenggarakan berbagai proses untuk kelangsungan hidup. Adapun sistem organ pada hewan, yaitu :
1.         Sistem Gerak
1)        Sistem Gerak pada Invertebrata
Hewan invertebrata adalah hewan yang tidak mempunyai tulang belakang. Sistem gerak hewan invertevrata tentu saja berbeda dengan sistem gerak hewan vertebrata. Hewan invertebrata terdiri dari beberapa phylum, yaitu protozoa, porifera, ctenophora, vermes, Artropoda, Mollusca, Coellenterata. Masing-masing phylum tentu mempunyai sistem gerak yang berbeda.
a.    Protozoa
Protozoa merupakan hewan invertebrata bersel satu yang hidup di dalam air. Protozoa terdiri dari beberapa kelas. Kelas protozoa berdasarkan alat geraknya :
a)    Kelas Rhizopoda bergerak dengan kaki semu
b)   kelas Flagel bergerak dengan bulu cambuk
c)    Kelas Cilliata bergerak dengan rambu getar
d)   kelas Sporozoa bergerak dengan menggerakkan seluruh tubuhnya
b.    Porifera
Porifera merupakan hewan invertebrata yang berpori-pori di seluruh tubuhnya. Porifera hidup melekat di dasar laut. Porifera tidak mempunyai sistem gerak.
c.    Ctenopora

Ctenopora merupakan hewan invertebrata yang berongga dan mempunyai racun untuk melumpuhkan mangsanya. Kelas ctenopora tidak mempunyai sistem gerak. Ubur-ubur merupakan salah satu hewan kelas ctenopora.
Baca dan Unduh Selengkapnya [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Organ dan Sistem Organ Hewan"

Posting Komentar