Makalah Pendidikan Anak Usia Dini

wiskeypedia - Unduh Makalah Pendidikan Anak Usia Dini


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

PAUD sangatlah penting karena:
1.      PAUD sebagai titik sentral strategi pembangunan sumber daya manusia dan sangat fundamental.
2.      PAUD memegang peranan penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya sebab merupakan fondasi dasar bagi kepribadian anak.
3.      Anak yang mendapatkan pembinaan sejak dini akan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar, etos kerja, produktivitas, pada akhirnya anak akan mampu lebih mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki.
4.      Merupakan masa Golden Age (usia emas) dari perkembangan otak manusia, maka tahap perkembangan otak pada anak usia dini menempati posisi yang paling vital yakni mencapai 80% perkembangan otak.
5.      Cerminan diri untuk melihat keberhasilan anak di masa mendatang, anak yang mendapatkan layanan baik semenjak usia 0-6 tahun memiliki harapan lebih besar untuk meraih keberhasilan di masa mendatang


B.     Rumusan Masalah

1.      Mengapa pembelajaran seni rupa pada anak usia dini diperlukan?

2.      Apakah peranan seni rupa bagi anak usia dini?




BAB II
PEMBAHASAN


A.    PENTINGNYA SENI RUPA BAGI ANAK USIA DINI

Menurut para ahli kwalitas emosional sangatlah penting bagi suatu keberhasilan. Kemampuan mengenali perasaannya sendiri, sewaktu perasaan atau emosi itu muncul dan ia mampu mengenali emosinya sendiri apabila ia memiliki kepekaan yang tinggi atas perasaan mereka dan mampu untuk mengambil keputusan.
Kemampuan mengelola emosi merupakan kemampuan seorang untuk mengendalikan perasaannya sendiri, sehingga tidak meledak dan akhirnya dapat mempengaruhi perilakunya secara wajar.
Menurut Evelyn Pitcher (1982)
Mengatakan kemampuan membina hubungan bersosialisasi, sama artinya dengan kemampuan mengelola emosi orang lain. Dengan seni rupa akan membantu anak-anak untuk mengerti orang lain dan memberikan kesempatan dalam pergaulan sosial perkembangan terhadap emosional mereka. Anak-anak dengan kemampuan ini cenderung mempunyai banyak teman, pandai bergaul. Anak merupakan pribadi sosial yang memerlukan relasi dan komunikasi dengan orang lain untuk memanusiakan dirinya.
            Pengajaran seni rupa menyajikan obyek-obyek dari pengalaman internal dan eksternal bagi anak. Dari pengalaman-pengalaman tersebut anak dapat memotivasi dirinya, pengalaman eksternal didapatkan oleh peranan dari luar, sedangkan pengalaman internal ingin menggambar dengan baik.
            Penguasaan guru tentang wawasan tugas perkembangan seni rupa juga sangat membantu dalam membuat perencanaan program kegiatan belajar bagi anak agar tiap anak dapat menjalani hidup dalam masa kanak-kanak dn menyiapkan diri untuk menjadi orang dewasa yang berguna bagi pribadi dan anggota masyarakat. Berbagai hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengembangkan anak agar dapat berkembang menjadi pribadi yang mandiri sebagai berikut:
1.      Membantu masing-masing anak dapat merasa aman dan bahagia dalam lingkungan baru di sekolah.
2.      Membimbing dan mendorong anak untuk mengembangkan bakat dan aspek-aspek kepribadiannya yang mengacu pada bermacam-macam peran seseorang dalam masyarakat.
3.      Membantu mengembangkan motorik halus dan kasar melalui perencanaan, pembimbingan dan penyediaan sarana penunjang yang memadai.
4.      Membantu mengembangkan kemampuan dalam kaidah pemahaman lingkungan fisik dan mengendalikannya dengan cara membangkitkan rasa ingin tahu, berpikir, menalar, mengumpulkan dan menggunakan informasi tentang lingkungan fisik yang diperoleh.
5.      Tiap kesempatan perlu dimanfaatkan oleh guru untuk membantu  perkembangan penggunaan bahasa dan pemahaman bicara anak atau orang lain.

6.      Membantu anak untuk merasakan pengalaman yang diperoleh dari lingkungan yang baik bagi diri mereka.

Baca selengkapnya [ DISINI ]


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Pendidikan Anak Usia Dini"

Posting Komentar