Makalah Manajemen Pengambilan Keputusan

wiskeypedia - Unduh Makalah Manajemen Pengambilan Keputusan




BAB  I
PENDAHULUAN

I.1     LATAR BELAKANG

Setiap perusahaan maupun instansi pemerintahan tidak akan pernah luput dari masalah. Terutama masalah yang berhubungan dengan pengelolaan manajemen. Jika ditinjau dari kehidupan sehari-hari terjadinya masalah bisa disebabkan dari pihak internal maupun pihak eksternal. Banyak pihak yang menganggap bahwa masalah yang datangnya dari pihak eksternal lebih berbahaya sehingga di prioritaskan untuk segera diselesaikan, sedangkan masalah yang datangnya dari dalam (internal) tidak terlalu berbahaya. Inilah suatu pandangan yang salah dan bisa menyebabkan kehancuran dari sebuah perusahaan / instansi /organisasi. Karena masalah yang harus kita waspadai dan harus segera kita selesaikan adalah masalah yang datangnya dari internal. Kita lihat saja partai politik sekarang banyak yang pecah karena disebabkan masalah di dalam internalnya, perusahaan banyak yang bangkrut karena masalah yang datangnya dari dalam (internal).
Banyak yang mengatakan pemecahan masalah adalah aktivitas terpenting yang dilakukan seorang manajer merupakan suatu gambaran yang terlalu disederhanakan. Pekerjaan dalam menyelesaikan / memecahkan masalah jauh lebih rumit daripada hanya sekedar pemecahan masalah saja. Aktivitas-aktivitas lain, seperti komunikasi, juga sama pentingnya. Akan tetapi, aman jika dikatakan bahwa pemecahan masalah merupakan salah satu aktivitas utama yang sering kali menentukan berhasil atau tidaknya karier dan kemajuan perusahaan kedepannya.

I.2     RUMUSAN MASALAH
Adapun beberapa topik yang akan dibahas terkait dengan Pengambilan Keputusan diantaranya :
1)       Pengertian Pengambilan Keputusan
2)       Tujuan Pengambilan Keputusan
3)       Unsur-unsur dalam Pengambilan Keputusan
4)       Macam-macam (Tipe dan Teknik) Pengambilan Keputusan
5)       Dasar-dasar Pengambilan Keputusan
6)       Faktor-faktor Pengambilan Keputusan
7)       Pengambilan Keputusan dalam Organisasi / Perusahaan
8)       Proses / Tahapan dalam Pengambilan Keputusan

I.3     TUJUAN PEMBUATAN
          Tujuan adanya pembuatan makalah ini selain untuk pemenuhan penilaian tugas Pengantar Manajemen perkuliahan, yakni sebagai bahan referensi bagi para pembaca berkaitan dengan pemahaman akan bagaimana cara kita dalam melakukan pengambilan keputusan, khususnya bagi para manajerial untuk perkembangan organisasi / perusahaan kedepannya.

I.4     METODE PENGUMPULAN DATA
          Adapun berbagai cara / metode yang dilakukan untuk memperoleh data atau informasi dalam pembuatan makalah ini diantaranya :
1)    Buku Referensi (Pembahasan Manajemen)
Berbagai bahan bacaan seperti buku cetak diperlukan guna menjadi bahan referensi pada pembuatan makalah ini.
2)    Media elektronik (Web sites)
Menggunakan media elektronik salah satunya melalui dunia maya, atau web sites semakin memudahkan kita dalam mencari bahan referensi / sumber informasi pembuatan makalah ini.



I.5     SISTEMATIKA PENULISAN
          Adapun Sistematika penulisan yang dibuat dalam makalah ini, yaitu :
BAB I . PEMBUKAAN
Pada Bab I ini, akan dibahas mengenai dasar-dasar pembuatan makalah atau unsur dasar yang mengawali bahan makalah ini, seperti diantaranya terdapat Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Pembuatan Makalah, Metode Pengumpulan Data serta Sistematika Penulisan yang dilakukan



Baca selengkapnya [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Manajemen Pengambilan Keputusan"

Posting Komentar