MAKALAH PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN BANGSA YANG BERKARAKTER PANCASILA

wiskeypedia - UNDUH MAKALAH MAKALAH PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN BANGSA YANG BERKARAKTER PANCASILA



BAB I  
PENDAHULUAN


I.I      LATAR BELAKANG

Pembinaan karakter bangsa memiliki urgensi yang sangat luas dan bersifat multi-dimensional. Dikatakan sangat luas karena terkait dengan pengembangan multi-aspek  potensi-potensi keunggulan bangsa dan bersifat multi-dimensional karena mencakup dimensi-dimensi kebangsaan. Dalam hal ini dapat juga disebutkan bahwa:
1)    Karakter merupakan hal yang sangat esensial dalam berbangsa dan bernegara,hilangnya karakter akan menyebabkan hilangnya generasi penerus bangsa.
2)    Karakter berperan sebagai “kemudi” dan kekuatan sehingga bangsa ini tidak terombang-ambing pada perubahan zaman yang ada.
3)    Karakter tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus dibangun dan dibentuk untuk menjadi bangsa yang bermartabat.

Selanjutnya, pembinaan karakter bangsa akan mengerucut pada tiga macam, yaitu :
1.     Untuk menumbuhkan dan memperkuat jati diri bangsa.
2.     Untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
3.     Untuk membentuk manusia dan masyarakat Indonesia yang berakhlak muliadan bangsa yang bermartabat.

Pembinaan karakter bangsa harus diaktualisasikan secara nyata dalam bentuk aksi nasional dalam rangka memantapkan landasan spiritual, moral, dan etika pembangunan bangsa sebagai upaya untuk menjaga jati diri bangsa dan memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa dalam naungan NKRI. Pembinaan karakter bangsa harus dilakukan melalui pendekatan sistematik dan integratif dengan melibatkan keluarga; satuan pendidikan; pemerintah; masyarakat termasuk teman sebaya, generasi muda, lanjut usia, media massa, pramuka, organisasi kemasyarakatan, organisasi politik, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat; kelompok strategis seperti elite struktural, elite politik, wartawan, budayawan, agamawan, tokoh adat, serta tokoh masyarakat.

Adapun strategi pembinaan karakter dapat dilakukan melalui sosialisasi, pendidikan kewarganegaraan, pemberdayaan, pembudayaan, dan kerja sama dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Apalagi ditengah kemajuan dunia yang semakin maju, diperlukan banyak sekali upaya-upaya dan bentuk kegiatan positif untuk memanfaatkan, mengoptimalkan segala macam hal perkembangan tersebut untuk menjadi sesuatu hal yang berdaya guna, serta tidak menghilangkan identitas diri, kepribadian diri yaitu kepribadian pancasila, serta karakter nasional yang dimiliki bangsa Indonesia berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada.

Semoga dalam segala aspek dan kedepannya, Indonesia bisa memanfaatkan peluang serta potensi yang dimiliki untuk menjadi negara yang satu, negara yang maju, negara yang berkembang amat pesat dan mampu bersaing dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada untuk kedepannya.

 Baca juga makalah yang lain tentang Fasilitas bagi kau disabilitas

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 

I.2     RUMUSAN MASALAH

1.     Apakah yang dimaksud dengan pendidikan kewarganegaraan, karakter & karakter bangsa, kepribadian pancasila serta IPTEK ?
2.     Seberapa pentingkah pendidikan kewarganegaraan harus dipelajari dan diketahui oleh bangsa dan warga negara INDONESIA ?
3.     Mengapa kita harus memiliki suatu karakter bangsa yang berkepribadian pancasila ?
4.     Bagaimana perananan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi dewasa ini dalam pembentukan kepribadian pancasila seseorang terkhusus kepada kepribadian bangsa Indonesia ?
5.     Seperti apakah wujud implementasi dari semua hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam kehidupan sosial, politik, maupun ekonomi ?

I.3     TUJUAN PEMBUATAN

Tujuan dari dibuatnya makalah ini selain sebagai pemenuhan syarat penilaian PKN ialah sebagai bahan pembinaan pengetahuan karakter bangsa yang bertujuan untuk membina dan mengembangkan karakter warga negara sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang memiliki pribadi yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, berjiwa persatuan Indonesia, berjiwa kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Serta mampu bersaing, berkontribusi dan memanfaatkan peluang serta potensi yang ada dari perkembangan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di era Globalisasi dan untuk kedepannya mampu menjadi negara yang maju, aman, damai dan sejahtera.

I.4     METODE PENGUMPULAN DATA

Metode pengumpulan informasi / data yang didapatkan ialah melalui :
1)    Sumber bacaan seperti buku-buku pelajaran terkait dengan kewarganegaraan, majalah, dll.
2)    Media Internet seperti web sites, blog ataupun hal terkait yang didapat sebagai sumber referensi.
3)    Berdasarkan hasil pemikiran masing-masing anggota kelompok atau kami bersama, pemikiran yang logis dan mudah dimengerti.
4)    Mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitar terkait informasi yang diketahuinya berkenaan dengan kewarganegaraan.

I.5     SISTEMATIKA PENULISAN

Sistematika penulisan dari pembuatan Makalah ini dibagi dalam 3 BAB :
BAB I . PEMBUKAAN

          Pada bab ini, hal-hal yang dibahas ialah tentang sebuah Latar Belakang dibuatnya Makalah dan tema atau pembahasan apa yang dipilih dalam makalah ini, kemudian ada pula Rumusan Masalah yang isinya tentang beberapa hal yang akan dibicarakan atau dibahas dalam makalah ini, kemudian Tujuan Penulisan Makalah ini juga terangkum dalam bab I serta dengan cara apa saja kami dapat memperoleh informasinya dalam Metode Pengumpulan Data serta Urutan-urutan atau Struktur yang dibuat dan disusun dalam Makalah ini di dalam Sistematika Penulisan.

Baca selengkapnya [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MAKALAH PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN BANGSA YANG BERKARAKTER PANCASILA"

Posting Komentar