Makalah Perilaku Terpuji (adil)

Makalah terupdate dan terlengkap wiskeypedia - Unduh Makalah Perilaku Terpuji (adil)





KATA PENGANTAR
Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan  dan rahmat-Nya penyusun  mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata pelajaran Akidah Akhlak.
Agama  sebagai  sistem  kepercayaan  dalam  kehidupan  umat  manusia  dapat  dikaji  melalui  berbagai  sudut  pandang.  Islam  sebagai  agama  yang  telah  berkembang  selama  empat  belas  abad  lebih  menyimpan  banyak  masalah  yang  perlu  diteliti,  baik  itu  menyangkut  ajaran  dan  pemikiran  keagamaan  maupun  realitas  sosial,  politik,  ekonomi  dan  budaya.
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.
Makalah ini disusun agar dapat membantu pembaca dalam memahami salah satu materi akidah akhlak tentang sikap terpuji terutama sikap adil, yang kami sajikan berdasarkan dari berbagai sumber informasi dan referensi. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Semoga makalah ini dapat membantu dalam memahami materi pembelajaran tentang aklah terpuji dan memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negri Kajai. Penulis sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu,  kepada  guru  pembimbing  penulis   meminta  masukannya  demi  perbaikan  pembuatan  makalah  penulis  di  masa  yang  akan  datang dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.

Kajai, februari 2016

Penulis








Makalah Perilaku Terpuji (adil)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Islam adalah agama yang benar, agama yang paling sempurna diantara agama samawi yang dirurunkan Allah SWT. Kesempurnaannya dapat dilihat dari syariatnya, tidak ada satu sendi kehidupan pun melainkan semua itu telah terliputi oleh hukum atau syariat islam, termasuk dalam hal keadilan.
Keadilan dalam islam meliputi semua hal, mulai pada diri sendiri, kehidupan rumah tangga, masyarakat hingga bernegara. Kedilan dalam islam bukanlah keadilan yang dubuat-buat atau hasil pemikiran manusia, melainkan berlandaskan Al-Qur’an yang telah diturunkan oleh Allah Rabb semesta alam, baik dalam Al-Qur’an maupun yang telah diilhamkan kepada manusia pilihan Allah, Muhaammad SAW (Al-Hadist).
1.2.            Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah pada makalah ini adalah:
1.      Apa pengertian Adil ?
2.      Apa dalil tentang Adil ?
3.      Bagaimana konsep keadilan dalam islam ?
4.      Apa nilai positif sikap Adil ?

1.3.            Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dan manfaat dari pembuatan makalah ini adalah:
1.3.1.      Tujuan
a.       Untuk mengetahui dan memahami  pengertian Adil
b.      Untuk mengetahui dalil tentang Adil
c.       Untuk mengetahui dan memahami  konsep keadilan dalam islam
d.      Untuk mengetahui manfaat atau dampak positif sifat Adil

1.3.1.      Manfaat
a.       Membantu dalam melengkapi materi pembelajaran Akidah Akhlah tentang perilaku terpuji.

b.      Menambah wawasan siswa tentang Adil sebagai salah satu bentuk perilaku terpuji.


Baca selengkapnya [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Perilaku Terpuji (adil)"

Posting Komentar