Makalah Hadits Keluarga Sakinah
















Makalah terlengkap dan terupdate makalahku10 - Unduh Makalah Hadits Keluarga Sakinah

Simak selengkapnya Makalah Hadits Keluarga Sakinah

Unduh juga Makalah Metodologi Penelitian Analisis Inferensial

Keluarga Sakinah






KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang”KELUARGA SAKINAH”.
Makalah ini disusun berdasarkan tugas  mata kuliah ILMU HADITS. Maksud penulisan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas mata kuliah dan untuk menambah pengetahuan para pembaca.

        Alhamdulillah kami memanjatkan rasa syukur kepada Allah karena telah menyelesaikan makalah ini, semoga  ini bermanfaat untuk kami khusussnya dan bagi kita umumnya.

BAB I
PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG
Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan rumah tangganya bahagia, karena membina rumah tangga pada prinsipnya adalah mencari kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat nanti. Dan keluarga sakinah merupakan idaman bagi setiap keluarga muslim. Keberhasilan atau kegagalan dalam karier seseorang banyak di pengaruhi oleh kehidupan keluarganya.
Di samping itu membangun keluarga yang sakinah merupakan cikal bakal lahirnya anak-anak yang berkualitas, mandiri, memiliki ketahanan mental dan spiritual yang kokoh yang pada gilirannya akan terwujud masyarakat maju dan mandiri.
Oleh karena itu, hanya dengan pasangannyalah ia dapat menikmati Setiap pasangan suami istri yang menikah, tentu sangat menginginkan kebahagiaan hadir dalam kehidupan rumah tangga mereka. Ada ketenangan, ketenraman, kenyamanan dan kasih sayang. Rumah tangga yang menjadi surga dunia, tidaklah identik dengan limpahan materi, kebahagiaan bukanlah sebuah kemustahilan untuk di capai, sebab kebahagiaan merupakan pilihan dan buah dari cara berfikir dan bersikap.
manisnya cinta dan indahnya kasih sayang dan kerinduan. Islam menjadikan keluarga sebagai tempat menjaga diri, yaitu menciptakan ketenteraman dan keselamatan dari segala bentuk kejahatan yang ditimbulkan oleh orang lain, sehingga keluarga harus dijadikan tempat tinggal yang penuh dengan kebahagiaan agar seluruh anggota keluarga betah di rumah dan selalu merindui.
B.  RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat di tari rumusan masalah sebagai berikut :
1.    Apa pengertian keluarga?
2.    Apa saja bentuk-bentuk keluarga?
3.    Apa fungsi keluarga?
C.  TUJUAN
Tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut :
1.    Dapat mengetahui pengertian keluarga.
2.    Mengetahui bentuk-bentuk keluarga.
3.    Mengetahui fungsi keluarga.

BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Keluarga
Berbicara mengenai keluarga, setiap orang pasti langsung teringat dengan ayah, ibu, anak, dan kehangatan rumah tangga. Ya, tiga personel dan satu situasi tersebut merupakan faktor utama yang menjadi dasar terbentuknya sebuah keluarga. Tanpa dilengkapi salah satu personel atau pun kondisi tersebut, sebuah keluarga tidak akan dapat berfungsi dengan baik.
Pada dasarnya setiap orang di dunia ini, pasti sudah mengenal istilah keluarga. Akan tetapi pada praktiknya, masih banyak orang yang tidak mengetahui arti kata keluarga atau pun menjalankan fungsi keluarga yang sebenarnya.
Keluargaadalah unit terkecil dari masyarakat yang tersusun atas kepala keluarga (berperan sebagai suami atau ayah) dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal bersama pada suatau tempat di bawah satu atap dalam kondisi yang saling membutuhkan / ketergantungan.
Kehidupan berkeluarga atau menempuh kehidupan dalam perkawinan adalah harapan dan niat yang wajar dan sehat dari setiap anak muda dan remaja dalam masa pertumbuhannya. Pengalaman dalam kehidupan menunjukkan bahwa membangun keluarga itu mudah, namun memelihara dan membina keluarga hingga mencapai taraf kebahagiaan dan kesejahteraan yang selalu didambakan oleh setiap pasangan suami-istri sangatlah sulit. Nah, keluarga yang bisa mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan inilah yang disebut dengan keluarga sakinah.
Kata sakinah itu sendiri menurut bahasa berarti tenang atau tentera. Dengan demikian, keluarga sakinah berarti keluarga yang tenang atau keluarga yang tenteram. Sebuah keluarga bahagia, sejahtera lahir dan batin, hidup cinta-mencintai dan kasih-mengasihi, di mana suami bisa membahagiakan istri, sebaliknya, istri bisa membahagiakan suami, dan keduanya mampu mendidik anak-anaknya menjadi anak- anak yang shalih dan shalihah, yaitu anak-anak yang berbakti kepada orang tua, kepada agama, masyarakat, dan bangsanya. Selain itu, keluarga sakinah juga mampu menjalin persaudaraan yang harmonis dengan sanak famili dan hidup rukun dalam bertetangga, bermasyarakat dan bernegara.
Islam mempunyai suatu karakter sosial yang mendasar dan keluarga adalah inti masyarakat. Islam cenderung memandang keluarga sebagai suatu yang mutlak baik. Dalam Al-Qur’an terdapat beberapa kalimat yang mengarah kepada keluarga. Ahlul bait disebut keluarga rumah tangga Rasulullah saw. wilayah kecil adalah ahlul bait dan wilayah meluas bisa di lihat dalam alur pembagian harta waris. Keluarga perlu di jaga sesuai firman Allah dalam Q.S. At-Tahrim/66:6;
يَأَيُهَاالَّذِيْنَ ءَامَنُوْا قُوْا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيْكُمْ نَارًا وَقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَآءِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لاَّ يَعْصُوْنَ اللهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ
Terjemahannya :
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”.
Keluarga merupakan lembaga sosial yang paling dasar untuk mencetak kualitas manusia. Sampai saat ini masih menjadi keyakinan dan harapan bersama bahwa keluarga senantiasa dapat diandalakan sebagai lemabaga ketahanan moral, akhlak dan konteks bermasyarakat, bahkan baik buruknya generasi suatu bangsa ditentukan pula oleh pembentukan pribadi dalam keluarga. Disinilah keluarga memiliki peran yang sangat strategis untuk memnuhi harapan tersebut.

Unduh dan Baca makalah diatas selengkapnya [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Hadits Keluarga Sakinah"

Posting Komentar