Makalah tentang Sumber Daya Alam dan Kegunaanya




BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Manusia diciptakan Tuhan ke dunia ini dengan kesempurnaan akalnya.Manusia diberikan kelebihan yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya.Dengan akalnya tersebut, manusia mencoba untuk bertahan hidup di dunia ini. Dengan berbagai upaya manusia akan mencoba untuk mensejahterakan kehidupannya. Manusia membuat makanannya sendiri, manusia menciptakan berbagai teknologi untuk mendukung kelangsungan hidupnya, manusia berusaha untuk terus mempermudah, menyenangkan, dan mendapatkan keperluan hidupnya.
Semua yang diperlukan manusia bisa didapatkan di lingkungan sekitarnya.Untuk berlindung dan berteduh dari teriknya matahari, manusia membuat rumah yang mana bahannya didapatkan dari lingkungan.Untuk bertahan hidup, manusia memanfaatkan tumbuhan dan hewan untuk dimakan, sehingga kelangsungan hidupnya dapat terus terjaga.
Jadi secara tidak disadari, semua keperluan manusia di dunia ini sudah ada dan tersedia di alam. Karena suka atau tidak suka, manusia akan selalu berinteraksi dengan alam.Segala sesuatu yang menyediakan kebutuhan disebut juga dengan sumber.Pembangunan memanfaatkan secara terus menerus sumber daya alam guna meningkatkan kesejahteraan dan mutu hidup masyarakat. Sementara itu, ketersediaan sumber daya alam terbatas dan tidak merata, baik dalam jumlah maupun dalam kualitas, sedangkan permintaan akan sumber daya alam tersebut makin meningkat sebagai akibat meningkatnya kegiatan pembangunan untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang makin meningkat dan beragam.

B.     Rumusan Masalah
Melihat dari apa yang dipaparkan di latar belakang, maka penulis ingin memfokuskan penulisan makalah ini ke dalam :
1.      Apa itu sumber daya dan sumber daya alam?
2.      Bagaimana klasifikasi sumber daya alam?
3.      Apa saja manfaat dan kegunaan dari masing-masing sumber daya alam?
4.      Apa hubungan antara sumber daya alam dan kegunaanya?
C.    Tujuan
Dari penulisan makalah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui apa itu sumber daya dan sumber daya alam, mampu mengklasifikasikan berbagai jenis sumber daya alam, mengetahui manfaat setiap sumber daya alam serta mengetahui hubungaan antara sumber daya alam dan penggunaannya.

 Sumber Daya Alam dan Kegunaanya

BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Sumber Daya dan Sumber Daya Alam
Menurut ensiklopedia Webster dalam Ahkmad Fauzi (2006:5) sumber daya merupakan kemampuan untuk memenuhi atau menangani sesuatu, sumber persediaan bantuan atau penunjang, sarana yang dihasilkan oleh kemampuan atau pemikiran yang dihasilkan seseorang.Istilah sumber daya alam ada yang kurang sependapat, terutama penggunaan kata sumber dan daya. Karena sumber juga mempunyai arti daya, maka ada yang menggunakan istilah sumber alam tetapi sebenarnya yang dimaksudkan sama saja, dalam bahasa Inggris disebut sebagai natural resources.
Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1986 menyebutkan bahwa sumber daya adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya hayati, sumber daya non-hayati dan sumber daya buatan. Menurut F. Gunarwan Suratmo (2004:4) sumber daya alam ini didefiniskan sebagai segala sesuatu di alam yang berguna bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jadi, segala sesuatu di alam yang berguna bagi manusia, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik yang telah digunakan masa kini atau yang akan digunakan di masa yang akan datang disebut sebagai sumber daya alam.
Sumber Daya Alam adalah semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia, misalnya: tumbuhan, hewan, udara, air, tanah, bahan tambang, angin, cahaya matahari, dan mikroba (jasad renik).
Ada beberapa pengertian Sumber Daya Alam menurut para ahli diantaranya, Sumber Daya Alam menurut Suryanegara (1977) mengatakan bahwa secara definisi sumber daya alam adalah unsur - unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi  kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup. Bila melihat dari definisi diatas maka jelaslah bahwa sumber daya alam adalah unsur alam yang dimanfaatkan oleh manusia untuk kebutuhannya.Bagaimanapun bentuk dan rupanya, jika itu adalah unsur dari alam yang dimanfaatkan untuk kebutuhan hidupnya maka itu dapat dikatakan sebagai sumber daya alam.
Katili (1983) mengemukakan bahwa sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.Lebih jauh, bahwa sumber daya alam menurut Katili tidak hanya yang secara langsung dimanfaatkan saja, tetapi alam yang masih potensial dalam membantu kehidupan manusia pun termasuk ke dalam sumber daya alam.
Sumber daya alam menurut Ireland (1974) dalam Soerianegara, (1977) adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Sumber Daya Alam Menurut Isard (1972 dalam Soerianegara, 1977) mendefinisikannya sebagai keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya.
Menurut Nurmala Dewi, pengertian sumber daya alam (Natural Resources) adalah semua kekayaan bumi baik yang bersifat biotic ataupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia.
1.                  Faktor abiotik, meliputi tanah, air, udara, cuaca, suhu, dan sejenisnya.
2.                  Faktor biotik, meliputi tumbuhan dan hewan, termasuk manusia.
Faktor biotik dan abiotik dalam lingkungan dapat memengaruhi dan dipengaruhi oleh manusia.Segala yang ada pada lingkungan dapat berpengaruh terhadap lingkungan hidup manusia.Namun demikian, lingkungan pun dapat dikelola dan dikembangkan oleh manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.Dalam kehidupan sehari-hari, yang dimaksud sumber daya alam adalah manusia, hewan, tumbuhan, air, udara, tanah, bahan tambang, sinar matahari, dan lain-lain.

Dari beberapa pengertian sumber daya alam yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli diatas dapat disimpulkan bahwa Sumber Daya alam dapat diartikan sebagai semua bahan yang ditemukan manusia di alam yang dapat dipakai untuk kepentingan hidupnya baik itu yang bersifat biotik maupun abiotik

Baca makalah selengkapnya [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah tentang Sumber Daya Alam dan Kegunaanya"

Posting Komentar