Makalah Hubungan Islam dengan Negara-Negara Lain

Makalah terupdate dan terlengkap wiskeypedia - Unduh Makalah Hubungan Islam dengan Negara-Negara Lain

BAB I
PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang
Agama memberikan penjelasan bahwa manusia adalah mahluk yang memilki potensi untuk berahlak baik (takwa) atau buruk (fujur) potensi fujur akan senantiasa eksis dalam diri manusia karena terkait dengan aspek instink, naluriah, atau hawa nafsu, seperti naluri makan/minum, seks, berkuasa dan rasa aman. Apabila potentsi takwa seseorang lemah, karena tidak terkembangkan (melalui pendidikan), maka prilaku manusia dalam hidupnya tidak akan berbeda dengan hewan karena didominasi oleh potensi fujurnya yang bersifat instinktif atau implusif (seperti berjinah, membunuh, mencuri, minum-minuman keras, atau menggunakan narkoba dan mainjudi). Agar hawa nafsu itu terkendalikan (dalam arti pemenuhannya sesuai dengan ajaran agama), maka potensi takwa itu harus dikembangkan, yaitu melalui pendidikan agama dari sejak usia dini. Apabila nilai-nilai agama telah terinternalisasi dalam diri seseorang maka dia akan mampu mengembangkan dirinya sebagai manusia yang bertakwa, yang salah satu karakteristiknya adalah mampu mengendalikan diri (self contor) dari pemuasan hawa nafsu yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

B.                 Rumusan Masalah

Dari uraian latar belakang di atas maka saya merumuskan masalah tentang dengan rumusan masalah sebagai berikut :
1.                  Apa Hubungan Islam dan Negara  Dilihat secara ideologis?
2.                  Bagaimana Kekuatan Politik Islam dengan Negara Era Orde Baru?
3.                  Dimana  Perubahan Posisi dan Ekspresi Kekuatan Politik Islam?

C.                Tujuan Penulisan

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang telah diuraikan di atas maka, tujuan penulisan yang ingin disampaikan dalam tulisan ini adalah :
1.                  Memberitahukan Hubungan Islam dan Negara  Dilihat secara ideologis?
2.                  Memberitahukan Kekuatan Politik Islam dengan Negara Era Orde Baru?
3.                  Memberitahukan Perubahan Posisi dan Ekspresi Kekuatan Politik Islam?




BAB II
PEMBAHASAN

A.                HUBUNGAN ISLAM & NEGARA

Hubungan negara dan agama dilihat secara ideologis harus diletakkan pada proporsinya sebagai pemikiran cabang, bukan pemikiran mendasar tentang kehidupan. Sebab pemikiran mendasar tentang kehidupan adalah pemikiran menyeluruh tentang alam semesta, manusia, dan kehidupan, serta tentang apa yang ada sebelum kehidupan dunia dan sesudah kehidupan dunia, dan hubungan antara kehidupan dunia dengan apa yang ada sebelumnya dan sesudahnya.

     Ideologi yang ada di dunia ada tiga, yaitu Sosialisme (Isytirakiyyah), Kapitalisme (Ra`sumaliyyah), dan Islam, maka aqidah atau pemikiran mendasar tentang kehidupan pun ada tiga macam pula, yakni aqidah Sosialisme, aqidah Kapitalisme dan aqidah Islamiyah. Masing-masing aqidah ini merupakan pemikiran mendasar yang di atasnya dibangun berbagai pemikiran cabang tentang kehidupan, termasuk di antaranya hubungan agama-negara.

Unduh dan Baca selengkapnya [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Hubungan Islam dengan Negara-Negara Lain"

Posting Komentar