Makalah tentang Evaluasi Pembelajaran

wiskeypedia - Unduh Makalah tentang Evaluasi Pembelajaran


Evaluasi Pembelajaran




Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Evaluasi merupakan sub sistem yang sangat di butuhkan dalam setiap sistem pendidikan, karena evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan atau kemajuan hasil pendidikan. Dalam setiap pembelajaran, pendidik harus berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang ia lakukan. Pentingnya diketahui hasil ini karena dapat menjadi salah satu patokan bagi pendidik untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang dia lakukan dapat mengembangkan potensi peserta didik. Dengan evaluasi, maka maju dan mundurnya kualitas pendidikan dapat diketahui, dan dengan evaluasi pula, kita dapat mengetahui titik kelemahan serta mudah mencari jalan keluar untuk berubah menjadi lebih baik ke depan.
Dengan melakukan evaluasi, guru dapat mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukannya, pada tiap kali pertemuan, setiap catur wulan, setiap semester, setiap bulan, bahkan selama berada pada satuan pendidikan tertentu. Dengan demikian setiap kali membahas proses pembelajaran, maka berarti kita juga membahas tentang evaluasi.
Untuk dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan benar, maka guru dipersyaratkan mengetahui berbagai dimensi yang terkait dengan evaluasi, terutama berkaitan dengan hakikat evaluasi, tujuan evaluasi, prinsip-prinsip evaluasi, jenis-jenis evaluasi dan prosedur evaluasi di dalam proses pembalajaran.

 Baca pula makalah tentang 

Dalam penjelasan di dalam latar belakang kita sudah mengetahui pentingnya evaluasi dalam pembelajaran, adapun rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui pengertian dari Evaluasi?
2.      Mengetahui tujuan evaluasi?
3.      Bagaimana dari fungsi evaluasi?
4.      Apa saja syarat-syarat evaluasi ?
5.      Mengetahui apa saja yang termaksud dalam objek-objek dalam evaluasi?
6.      Apa saja jenis-jenis dari  evaluasi?

7.      Bagaimana pendekatan evaluasi ? 

Dapat anda lihat selengkapnya [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah tentang Evaluasi Pembelajaran"

Posting Komentar