Makalah Turunan Hewani Telur dan Susu


Gambar Telur dan Susu


BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Bahan pangan hewani merupakan bahan-bahan makanan yang berasal dari hewan atau olahan yang bahan dasarnya dari hasil hewan. Bahan pangan hewani memiliki karakteristik yang membedakan dengan bahan pangan nabati. Beberapa diantaranya adalah: Bahan pangan hewani memiliki daya simpan yang jauh lebih pendek daripada bahan pangan nabati bila dalam keadaan segar (kecuali telur). Pendeknya daya simpan ini terkait dengan struktur jaringan hasil hewani dimana bahan pangan hewani tidak memiliki jaringan pelindung yang kuat dan kokoh sebagaimana pada hasil tanaman. Bahan pangan hewani bersifat lunak dan lembek sehingga mudah terpenetrasi oleh faktor tekanan dari luar. Karakteristik masing-masing bahan pangan hewani sangat spesifik sehingga tidak bisa digeneralisasi. Sifat pada daging sangatlah berbeda dengan sifat telur. Bahan pangan hewani pada umumnya merupakan sumber protein dan lemak dan bahan pangan nabati merupakan sumber karbohidrat, vitamin, mineral, lemak dan protein. Bahan pangan hewani meliputi susu, telur, daging dan ikan serta produk-produk olahannya yang bahan dasarnya berasal dari hasil hewani.
Telur merupakan bahan pangan hasil ternak unggas yang memiliki sumber protein hewani yang memiliki rasa yang lezat, mudah dicerna dan begizi tinggi. Selain itu telur mudah diperoleh dan harganya relatif murah. Dalam perkembangannya, telah banyak dilakukan teknik pengolahan telur untuk meningkatkan daya tahan serta kesukaan konsumen. Telur baik untuk memenuhi kebutuhan gizi protein baik pada anak-anak maupun orang dewasa dan ibu hamil.
susu telah menjadi bahan pokok pangan manusia. Susu diambil dari hewan yang memiliki kelenjar susu seperti sapi, kambing, dan kerbau. Susu diyakini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Di Indonesia, dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS), susu dimasukkan sebagai salah satu bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai sumber protein yang penting bagi tubuh. Dibeberapa bangsa terutama Bangsa Eropa, minum susu telah menjadi kebiasaan ketika sarapan. Namun di Indonesia, menurut beberapa pendapat mengenai perihal kebiasaan minum susu, orang Indonesia dinyatakan sebagai bukan milk drinker.
1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah adalah:
1.      Apa sifat telur ?
2.      Apa standar mutu telur dan hasil olahanya ?
3.      Apa ciri-ciri telur yang rusak?
4.      Apa saja jenis-jenis susu?
5.      Bagaimana komposisi dan nilai gizi susu?
6.      Apa saja produk hasil olahan susu?
7.      Bagaimana manfaat susu bagi orang-orang yang mengonsumsinya?


1.2  Tujuan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini untuk mengetahui apasaja manfaat telur dan susu bagi tubuh, kandungan nilai gizi, serta ciri-ciri kerusakan pada susu dan telur serta produk olahannya.

BAB II
PEMBAHASAN


2.1  Telur
Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung,  ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan ( kaviar). Selain itu dikonsumsi pula juga telur yang berukuran besar seperti telur burung unta ( Kasuari) ataupun sedang, misalnya telur penyu. Sebagian besar produk telur ayam ditujukan untuk dikonsumsi orang tidak disterilkan, mengingat ayam petelur yang menghasilkannya tidak didampingi oleh ayam pejantan. Telur yang disterilkan dapat pula dipesan dan dimakan sebagaimana telur-telur yang tidak disterilkan, dengan sedikit perbedaan kandungan nutrisi. Telur yang disterilkan tidak akan mengandung embrio yang telah berkembang, sebagaimana lemari pendingin mencegah pertumbuhan sel-sel dalam telur.
Pada dasarnya telur adalah bakal calon individu baru yang dihasilkan dari individu betina. Bila terjadi pembuahan maka telur akan berkembang menjadi embrio dan selanjutnya terbentuk individu baru setelah lahir atau menetas. Dalam penegertian sehari-hari telur mempunyai dua kriteria, yaitu sebagai bahan biologi dan sebagai bahan pangan. Sebagai bahan biologi telur merupakan sumber nutrien komplek yang lengkap bagi pertumbuhan sel yang dibuahi. Sedangkan sebagai bahan pangan,telur merupakan salah satu sumber protein hewani kedua yang mudah dijangkau selain ikan. Secara ringkas, struktur telur adalah sebagai berikut : Kerabang +10%, Putih Telur (Albumen) + 60%, Kuning Telur (Yolk) + 30%.
2.1.1  Informasi Nilai Gizi Telur
Telur merupakan produk peternakan yang memberikan sumbangan besar bagi tercapainya kecukupan gizi masyarakat. Dari sebutir telur didapatkan gizi yang cukup sempurna karena mengandung zat-zat gizi yang lengkap dan mudah dicerna. 

BAB III
                 PENUTUP                


3.1  Kesimpulan
Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung,  ayam, bebek, dan angsa.
Kandungan gizi sebutir telur ayam dengan berat 50 g terdiri dari 6,3 g protein, 0,6 g karbohidrat, 5 g lemak, vitamin dan mineral.  telur memiliki sifat sebagai berikut Kaya Nutrisi,  Emulsifikasi, Kemampuan Berbusa, Koagulasi. Telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, Telur baik untuk mata, Membantu mengatasi kekurangan zat besi, Memenuhi kebutuhan nutrien. Telur dapat dimanfaatkan sebagai lauk, bahan pencampur berbagai makanan, tepung telur, obat, telur asin, bahan pembuat kue dan lain-lain.
Susu merupakan suatu emulsi lemak dalam air yang mengandung beberapa senyawa terlarut. Agar lemak dan air dalam susu tidak mudah terpisah , maka protein susu bertindak sebagai emulsifer (zat pengemulsi). Kandungan air dalam susu sangat tinggi , yaitu sekitar 87,5 % dengan kandungan gula susu (laktosa) sekitar 5%, protein sekitar 3,5%, dan lemak sekitar 3-4%.

Adapun manfaat dari susu antara lain: menggerakkan dinding pembuluh darah pada saat tekanan darah tinggi untuk menjaganya agar tetap stabil, Dapat menetralisir racun seperti logam, timah dan cadmium dari bahan makanan      lain yang diserap oleh tubuh, meningkatkan secara drastis keefisiensian kerja otak besar.  Produk Olahan Susu Susu Pasteurisasi Susu Homogenisasi, Susu Steril , Susu Kental Manis, Susu Evaporasi, Yoghurt, KefirKeju, Mentega

Baca dan Unduh Makalah diatas Selengkapnya [ DISINI ]
Baca juga makalah lainya tentang Pemanfaatan buah kentang sebagai bahan baterai kinetik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Turunan Hewani Telur dan Susu "

Posting Komentar