I. Pendahuluan
Komunikasi efektif merupakan Komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi. Kita harus sadar akan pentingnya komunikasi khususnya komunikasi efektif, agar segala sesuatu yang kita tampilkan dan lakukan adalah komunikasi, maka penampilan dan segala sesuatu yang kita lakukan merupakan pesan.
II. Jenis-jenis Komunikasi
1. Komunikasi verbal dengan kata-kata
a. Vocabulary (perbendaharaan kata-kata)
b. Racing (kecepatan).
c. Intonasi suara.
d. Humor.
e. Singkat dan jelas.
f. Timing
2. Komunikasi non verbal disebut dengan bahasa tubuh
a. Ekspresi wajah
b. Kontak mata
c. Sentuhan
d. Postur tubuh dan gaya berjalan
e. Sound (Suara)
f. Gerak isyarat.
III. Hambatan dalam berkomunikasi
Beberapa hal yangmenghamabat proses komunikasi :
1. Hambatan dari Proses Komunikasi
· Hambatan dari pengirim pesan, misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya atau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional.
· Hambatan dalam penyandian/simbol
Hal ini dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti lebih dari satu, simbol yang dipergunakan antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang dipergunakan terlalu sulit.
· Hambatan media, adalah hambatan yang terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
· Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
· Hambatan dari penerima pesan, misalnya kurangnya perhatian pada saat menerima /mendengarkan pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
· Hambatan dalam memberikan balikan. Balikan yang diberikan tidak menggambarkan apa adanya akan tetapi memberikan interpretatif, tidak tepat waktu atau tidak jelas dan sebagainya.
2. Hambatan Fisik
Hambatan fisik dapat mengganggu komunikasi yang efektif, cuaca gangguan alat komunikasi, dan lain lain, misalnya: gangguan kesehatan, gangguan alat komunikasi dan sebagainya.
3. Hambatan Semantik.
Kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi kadang-kadang mempunyai arti mendua yang berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan penerima
4. Hambatan Psikologis
Hambatan psikologis dan sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi, misalnya; perbedaan nilai-nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim dan penerima pesan.
IV. Tips untuk mengatasi gangguan komunikasi
· Pesan, bukan si pemberi pesan
· Isi pesan, bukan hanya sekedar pesannya
· Dengarkan terlebih dahulu, baru lakukan evaluasi
· Tertulis, bukan lisan
· Sampaikan dengan jelas
· Minta tanggapan dari penerima pesan
· Saling percaya dan menghormati
· Level dari komunikator
V. Kesimpulan
Banyak cara yang kita dapat lakukan untuk menjadi komunikator efektif dalam upaya memperbaiki kualitas relasi antar sesama manusia. Kita dapat memperbaiki keterampilan komunikasi dengan melakukan hal-hal seperti, frekuensi komunikasi, komunikasi jelas dan langsung, jadilah penyimak yang baik, perhatikan pesan-pesan non verbal, dan berfikir positif.
Baca juga artikel sebelumnya mengenai penggunaan Metode Representasi Grafik Dalam Permasalahan Matematika Pada Kehidupan Sehari-Hari
Unduh makalah Makalah Kecakapan antar personal [ DISINI ]
0 Response to "Makalah Kecakapan antar personal"
Posting Komentar