Makalah Penerapan Logika Matematika

makalahku10 - Makalah Penerapan Logika Matematika



PEMBAHASAN (KAJIAN PUSTAKA)
A.    Gerbang AND (konjungsi)
Seperti pada halnya logika matematika proposisi AND. Gerbang AND. memiliki fungsi yang sama persis dengan logika matematika AND, seperti yang di ketahui bahwa cara kerja logika matematika AND akan menghubungkan 2 kalimat tunggal dengan kata sambung AND (dan) yang berarti hal ini akan membuat kejadian itu menjadi benar apabila semua komponen tunggal bernilai benar.

Begitu pula dengan gerbang AND, contohnya pada penggunaan gerbang logika pada perangkat Elektronik yang akan mengalirkan arus listrik di mana gerbang ini akan di buatkan lebih dari satu titik penghubung yang apa bila terbuka maka bernilai min (-) dan apa bila tertutup akan bernilai plus (+), nah karna gerbang ini adalah gerbang AND maka dapat di simpulkan bahwa gerbang ini tidak akan bisa mengalirkan listrik ke komponen lain apabila masih ada titik penghubung yang bernilai min (terbuka),

Contoh berbang logika AND:
     Gambar gerbang AND.

          dari gambar di atas dapat di simpulkan bawha, jika listrik mengalir dari sumbu L, maka salah statu tegangan arus listrtik akan mengalir melalui saklar P dan Q, dan sudah jelas dari gambar tersebut apabila salah satu saklarnya terbuka maka arus listrik tidak akan bisa sampai ke lampu, dan lampu tidak akan bisa hidup, dari sini kita dapatkan bentuk tabel kebenaran seperti di bawah ini.,
P
Q
PnQ
Tertutup
Tertutp
Nyala
Tertutup
Terbuka
Mati
Terbuka
Tertutup
Mati
Terbuka
Terbuka
Mati



B.     Gerbang OR (disjungsi)
Sama halnya dengan gerbang AND, bedanya adalah jika gerbang AND menghubungkan arus listrik dari gambar di atas dengan kata sambung AND (dan) , gerbang ini akan mengubungkannya dengan kata OR (Atau), yang artinya jika sudah ada salah satu titik yang terhubung maka arus listrik tersebut sudah dapat mengali,
Bentuk gerbang ini mirip dengan rangkaian listrik paralel,berikut adalah contoh rangkaian gerbang OR,
            Gambar gerbang logika OR.

Dari gambar di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa,  jika L adalah sumber arus listrik, maka salah satu arus listrik akan mengalir melalui saklar P dan Q, dan kejadiannya adalah, lampu akan menyala jika salah satu saklar tersebut tertutup, dan lampu akan mati jika kedua saklar dalam keadaan terbuka, berikut adalah contoh tabel kebenaran dari gambar di atas.

P
Q
PuQ
Tertutup
Tertutup
nyala
Tertutup
Terbuka
nyala
Terbuka
tertutup
nyala
Terbuka
Terbuka
mati

C.    Gerbang NOT (negasi).
Gerbang not atau ingkaran adalah gerbang yang di buat untuk mengubah keadaan yang sebelumnya menjadi lawan dari keadaan tersebut, contohnya dalam kehidupan sehari, pernyataan “hari ini libur kuliah” maka negasinya adalah “hari ini tidak libur kuliah”.
Pada rangkaian gerbang matematika elekteronik, ada salah satu komponen yang berperan dalam logika not ini, komponen tersebut bernama deode, di mana deode ini akan mengubah arus listrik yang tadinya berarus AC akan di rubah menjadi DC, dan juba membalikkan arus listrik yang tadinya MIN mejadi PLUS.
Berikut adalah gambar contoh cara kerja deode dalam rangkaian elektronik,




Gambar gerbang logika NOT.

Dari gambar diatas dapat di simpulkan bahwa komponen kecil deode membuat gerbang NOT dengan mengubah arus masuk yang mula-mula adalah berarus AC dan diubah dengan keluaran arus DC. perangkat ini biasanya di gunakan pada alat isi ulang listrik (cas), seperti yang biasa kita gunakan untuk cas HP dan laptop, contoh penggunaannya pada cas HP, listrik  dari PLN yang berarus AC dengan tegangan 20.000 volt akan di turunkan oleh trapo yang terpasang pada peragkat cas HP ke 7 volt tetapi ini masih dalam keadaan AC, di sinilah deode bekerja, dia akan mengubah arus AC yang 7 volt tadi menjadi arus DC volt.

D.    GERBANG GABUNGAN (AND,OR,NOT)
Hampir semua perangkat eletronik menerapkan gabungan semua gerbang ini,berikut ini kita akan membahas gabungan gerbang yang ada pada perangkat cas HP.


Dari gambar di atas dapat di simpulkan.bahwah semua komponen tersebut adalh gerbang aliran arus listrik yang akan kita gunakan untuk mengisi ulang batrae HP kita.
1.      Trapo disini berfungsi untuk menurunkan tegangan dari listrik PLN,
2.      Deode berfungsi sebagai gerbang and sekaligus not, berfungsi sebagai AND karna listrik tidak akan mengallir apabilakeduanya tidak terhubung, dan berfungsi sebagai not karna dia merubah arus yang mula-mula AC menjadi DC.
3.      IC 7volt berfungsi sebagai penurun tegangan dari deode hingga bagian output,
4.      Gerbang or terdapat pada kaki bagian positif lampu led dimana karna sudah di buatkandua jalur arus, dan walaupun arus ke lampum led tidak terhubung tapi arus ke output cas tetap bisa berfungsi.


BAB III
PENUTUP
1.      KESIMPULAN

Gerbang logika pada perangkat elektronik adalah, rancangan untuk mengalirkan arus listrik dari sumbernya hingga sampai ke komponen-komponen perangkat elektronika yang lainnya sehingga komponen-komponen tersebut bisa menjadi suatu kesatuan perangkat unit yang bisa di manfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Rangkaian berbang logika pada perangkat elektronik tidak pernah luput dari logika proposisi matematika seperti yang di contohkan oleh beberapa pembahasan di atas.

2.      SARAN
Di harapkan dengan membaca artikel-artikel yang ada di dalam makalah ini pembaca bisa membuat karya yang jauh lebih baik dari makalah ini dan bisa mengimplemetasikan isi-isi dari makalah ini.

Baca dan Unduh makalah diatas selengkapnya [ DISINI ]

Baca juga makalah yang lainya tentang 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Penerapan Logika Matematika"

Posting Komentar