Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Kurikulum 2013


Perumusan Indikator

Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Kurikulum2013.Kembali lagi nih bersama blog perangkatpembelajaran.com ,pada kesempatan kali ini admin juga akan membagikan modul mengenai perumusan indikator pencapaian kompetensi kurikulum 2013,bapak ibu guru sekalian ,indikator adalah suatu ukuran dimana ukuran itu dapat menginterpretasikan perilaku yang menunjukkan pencapaian Kompetensi Dasar  tertentu, yang dapat menjadi acuan penilaian untuk mata pelajaran.

Adapun fungsi indikator diantaranya sebagai pedoman dalam :
   1.    Mengembangkan materi pembelajaran atau sebagai bahan ajar
   2.    Mendesain kegiatan pembelajaran
   3.    Merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar.

Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)


Dalam perumusan ini ada Ketentuan Perumusan Indikator sebagai berikut :
   1.    Indikator dirumuskan dari KD (Kompetensi Dasar)
   2.    Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang harus dapat diukur
   3.    Dirumuskan dengan menggunakan kalimat yang simple,mudah,dan jelas dipahami
   4.    Tidak menggunakan kata ambigu/bermakna ganda
   5.    Hanya mengandung satu tindakan
 6. Memperhatikan karakteristik mapel/mata pelajaran,potensi & sekolah,masyarakat,kebutuhan peserta didik,dan juga lingkungan /daerah sekitar.

Demikian sedikit ulasan mengenai Perumusan  Indikator Kompetensi (IPK) pada link dibawah ini

Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi ( IPK ) Kurikulum 2013



Unduh juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Kurikulum 2013"

Posting Komentar